Minggu, 15 April 2018

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan

Hai sobat sekalian!!!!.... Kembali lagi di warta pengetahuan.
Di sini, saya akan membahas topik mengenai Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan. Apakah kalian sudah melakukan kebiasaan hidup sehat atau malah sebaliknya? Mungkin kalian belum tau kebiasaan yang kalian lakukan itu baik atau buruk, atau mungkin kalian udah tau tapi enggak tau apa dampaknya.

Tanpa panjang lebar saya akan menunjukkan beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Mengganggu Kesehatan yaitu:

1. Selalu Melewatkan Sarapan Pagi
Sarapan pagi merupakan hal yang paling penting  sebelum mengawali aktifitas kalian di pagi hari. Namun, sebagian besar orang terlalu sibuk hingga harus melewatkan sarapan paginya. Jika terlalu sering melakukan kebiasaan ini, dapat menyebababkan tubuh menjadi lemas yang mengganggu aktifitas kalian karena kurangnya energi. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti gangguan pada  jantung. Jadi, sebelum berangkat kerja atau memulai aktifitas lainnya, pastikan kalian sudah sarapan pagi. sesibuk apapun kalian sarapan pagi tetap harus diutamakan!

2. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan
Apakah kalian sering melakukannya? Jika iya, maka kalian harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Alasanya adalah kuman dan bakteri yang masih menempel di tangan, ikut masuk bersama dengan makanan yang kalian makan. Kebisasaan buruk ini beresiko terserang infeksi kuman penyakit, seperti flu dan diare.

3. Membaca Buku Sambil Tiduran
Di saat bosan Membaca buku adalah salah satu hal yang bisa dilakukan. Sayangnya, banyak orang membaca dalam posisi yang kurang baik, misalnya sambil tidur. Sebaiknya, bacalah buku dalam posisi duduk tegak. Membacanya dalam posisi tidur akan membuat mata cepat lelah dan lama-kelamaan mata akan rusak, karena dipaksa untuk bekerja dalam jarak baca yang tidak ideal.

4. Menggunakan Hp Terlalu Lama
Yang ini sih tak perlu dibilang, mau dimana aja, kapan aja pasti ada aja kalian menggunakan Hp untuk mengisi waktu luang atau untuk kepentingan lainnya. Tetapi, alangkah baiknya jika kalian mengurangi penggunaan Hp tersebut dikarenakan radiasi dan frekuensi radio yang kuat dapat menggangu kesehatan, terutama mata.

5. Tidur Larut Malam
Jika kalian yang terlalu sibuk akan urusan pekerjaan, sehingga harus berlarut malam untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, cobalah untuk mengatur waktu tidur yang baik. sebagian dari kalian Memang tidak punya kesempatan untuk beristirahat/tidur sampai pekerjaan selesai. Namun, jika kebiasaan buruk ini sering dilakukan maka aktifitas kalian akan terganggu dikarenkan tubuh menjadi lemas, daya tahan tubuh berkurang, serta mengurangi kosentrasi akibat kurang tidur.

6. Bangun Tidur Langsung Main Hp/Smartphone
Di saat bangun tidur, terutama pagi hari kebanyakan dari kalian ada yang buka hp/smartphone buat pekerjaan, ada juga yang hanya buat chattingan, atau ada yang langsung main game, dll karena sudah menjadi kebiasaan. Akan tetapi, tanpa kalian sadari hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan lantaran hp/smartphone memiliki radiasi dan frekuensi radio yang dapat merusak mata. Tidak hanya itu, karena radiasi atau frekuensi radio yang cukup kuat dapat beresiko terkena kanker. Jadi kalau bangun tidur itu lakukan aktifitas lain agar lebih rileks.

7. Dengar Lagu Pakai Headset/Earphone
Untuk menenagkan hati atau pikiran yang sedang penat karena kesibukkan harian, biasanya kalau mendegarkan lagu akan jauh lebih baik dan pikiran menjadi lebih tenang. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai hobi dan mengoleksi lagu lagu pop yang keren. Namun, mungkin beberapa dari kalian suka mendengar lagu menggunakan headset/earphone agar lebih jelas suaranya atau sekedar tidak ingin menggangu orang di sekitar. Tapi, jika pemakaiannya terlalu sering apalagi menggunaknnya terlalu lama dapat merusak telingga.

8. Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur Malam
Kipas angin adalah alat yang biasa digunakan untuk menyejukkan atau mendinginkan badan di saat cuaca panas. Namun, tidak sedikit juga orang menggunakan kipas angin saat tidur malam. Kebiasaan menggunakan kipas angin saat tidur malam dapat membayahakan kesehatan, apalagi dihadapkan ke arah wajah atau bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat menyebabkan Asma dan gangguan pernafasan lainnya. Tidak hanya itu, menggunakan kipas angin di saat tidur dapat menyebabkan resiko kematian karena gas karbon dioksida yang kita hembuskan akan masuk kembali ke dalam tubuh.

9. Minum Air Es/Air Dingin
Air merupakan kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi, untuk kelangsungan hidupnya. Tanpa air manusia tidak dapat hidup dengan baik karena kekurangan cairan yang diperlukan tubuh untuk bekerja. Mengonsumsi air setiap hari memang sangat penting dan sudah menjadi sebuah keharusan, terutama air putih. Meski begitu, tetapi akan beda ceritanya jika yang kalian sering konsumsi adalah air es atau air Dingin. Karena air es atau air dingin dapat mempersempit usus, perut buncit, dan sakit kepala.

10. Merokok
Merokok sudah pasti bukanlah kebiasaan yang baik, apalagi kalau merokoknya setiap hari. Kebiasaan merokok dapat menganggu kesehatan. Tak hanya kesehatan diri sendiri, orang disekitar pun menjadi korban asap yang dampaknya bahkan lebih buruk dari pada si perokok tersebut. Merokok dapat mengurangi tingkat kekebalan tubuh dan juga dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Itulah dia beberapa kebiasaan yang dapat menggangu kesehatan. Oke, sekian dari saya. Terima kasih sudah mau mengunjungi web kami dan juga semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian.

2 komentar:

  1. Wah banyak banget ternyata kebiasaan saya yang termasuk diatas, harus dirubah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus dirubah, kalau mau panjang umur dan hidup sehat...

      Hapus