Kamis, 05 April 2018

Sejarah Kompas


Designed by Dribbble
Halo sobat WartaPengetahuan siapa yang tidak tahu dengan alat yang satu ini? Alat yang sederhana tapi besar manfaatnya. Tapi sekarang tinggal pakai aplikasi di smartphone ya? 😂. Seperti yang kita ketahui kompas adalah alat navigasi untuk menetapkan arah mata angin dengan akurat.
Kali ini saya akan membahas tentang penemuan kompas di dunia. Berikut adalah kutipan kutipan yang saya peroleh dari Wikipedia.
Kompas magnetik pertama kali ditemukan sebagai perlengkapan untuk ramalan pada awal Dinasti Han Tiongkok (sejak sekitar 206 SM), dan kemudian diadopsi untuk navigasi oleh Dinasti Song selama abad ke-11. Penggunaan pertama kompas tercatat di Eropa Barat dan Persia terjadi sekitar awal abad ke-13.
Dikarenakan jarum magnetik selalu mengarah ke utara dan selatan, pada abad kesembilan orang Tiongkok telah mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar. Tetapi baru pada tahun 1877 orang Inggris, William Thomson, 1st Baron Kelvin(Lord Kelvin) membuat kompas yang dapat diterima oleh semua negara. 
Jadi itu dia sejarah penemuan kompas yang saya kutip dari Wikipedia. Mungkin jika sobat WP punya informasi tentang sejarah Kompas yang lebih lebih lengkap, bisa langsung di bagikan dalam komentar.

2 komentar: